Minggu, 29 April 2012
Pengertian laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada dasarnya fakta yang disajikan itu berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada si pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau keterangan berdasarkan keadaan objektif yang dialami sendiri oleh si pelapor (dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika si pelapor melakukan suatu kegiatan. http://aderiska-pilyang.blogspot.com
Dasar – Dasar Pembuatan Laporan
Fungsi Informatif, Laporan bisa digunakan sebagai sumber informasi bagi pembacanya
Fungsi Pertanggung jawaban, Laporan merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban penulis terhadap pembaca laporan / atasannya, atau tugas yang harus dan telah dilaksanakannya.
Fungsi Pengawasan, Dengan membaca laporan, seorang atasan bisa mengawasi bawahan serta tugas yang dilakukan bawahan tanpa harus melihat langsung.
Fungsi Pengambilan Keputusan, Laporan dari bawahan dapat digunakan oleh atasan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan. Juga berlaku untuk laporan koordinatif. Seorang Kepala Bagian atau Manajer dapat menggunakan laporan Manajer lain untuk membuat keputusan di bagiannya sendiri. http://nista-maja.blogspot.com
Sistematika Laporan Ilmiah
1. Judul.
2. Daftar Isi.
3. Prakata.
4. Pendahuluan.
5. Teks Pokok dalam Tubuh Karangan.
6. Pengutipan.
7. Referensi.
8. Catatan Kaki.
9. Tabel,Grafik,Bagan,dan Gambar.
10. Bibliografi.
11. Lampiran.
12. Indeks. http://nista-maja.blogspot.com
Sistematika Laporan
Hendaknya laporan lengkap, dapat menjawab semua pertanyaan mengenai :
1. apa ( what ),
2. mengapa ( why ),
3. siapa ( Who ),
4. dimana ( where ),
5. kapan ( when ),
6. bagaimana ( how ).
Urutan isi laporan sebaiknya diatur, sehingga penerima laporan dapat mudah memahami.
Urutan isi laporan antara lain sebagai berikut :
1. Pendahuluan
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
a. Latar belakang kegiatan.
b. Dasar hukum kegiatan.
c. Apa maksud dan tujuan kegiatan.
d. Ruang lingkup isi laporan.
2. Isi Laporan
Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
a. Jenis kegiatan.
b. Tempat dan waktu kegiatan.
c. Petugas kegiatan.
d. Persiapan dan rencana kegiatan.
e. Peserta kegiatan.
f. Pelaksanaan kegiatan (menurut bidangnya, urutan waktu pelaksanaan, urutan fakta / datanya).
g. Kesulitan dan hambatan.
h. Hasil kegiatan.
i. Kesimpulan dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang.
3. Penutup
Pada kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf bila ada kekurangan-kekurangan. Juga dengan maksud apa laporan itu dibuat.
Hal-hal yang perlu diperhatikan. Laporan diusahakan agar :
Singkat dan padat, Runtut atau sistimatis, Mudah dipahami isinya, Isinya lengkap, Menarik penyajiannya, Berpegangan pada fakta, data dan persoalannya, Tepat pada waktunya, Lain – lain. Dalam laporan dapat dilampirkan : photo-photo kegiatan, tanda bukti, surat-surat keterangan dan sebagainya ( copy ). Untuk mempermudah penyusunan laporan sebaiknya tetap mengacu pada proposal yang pernah diajukan. Memberikan Laporan kegiatan dengan tembusan kepada satuan/ lembaga yang terkait. ( Mabi, Kwartir, Sponsor dll ). http://nista-maja.blogspot.com
Contoh Laporan Resmi
LAPORAN RESMI
PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI INDUSTRI
Materi :
ALKOHOL
Oleh:
Ayu Kusumawati NIM : L2C009001
Dyah Lestari NIM : L2C009024
Winda Setyawan NIM : L2C0090145
Laboratorium Mikrobiologi Industri
Teknik Kimia Fakultas Teknik
Universitas Diponegoro
Semarang
2011
Sumber : http://lab.tekim.undip.ac.id
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar